Heboh, Kepala Penjara Dibekuk Usai Bantu Napi Jalankan Aksi Penipuan

Kepala penjara dan seorang dokter penjara di Nigeria ditangkap usai ketahuan membantu napi jalankan penipuan online
Heboh,  Kepala Penjara Dibekuk Usai Bantu Napi Jalankan Aksi Penipuan
(Shutterstock)

Nusantaratv.com- Kepala penjara  dan seorang dokter penjara di Nigeria ditangkap usai ketahuan memberikan akses kemudahan kepada seorang narapidana untuk melakukan penipuan secara online.

Melanisr BBC, pada Rabu (22/1/20) seorang narapidana bernama Hope Olusegun Aroke, melakukan penipuan jutaan dolar saat mendekam di penjara. 

Ia mendapat hukuman 24 tahun penjara karena kasus penipuan.

Aroke adalah salah satu dari dua penipu sarjana Nigeria yang tinggal di Malaysia yang ditangkap oleh EFCC menjelang akhir 2012 di Lagos.

Dia mengaku sebagai mahasiswa ilmu komputer di Universitas Metropolitan Kuala Lumpur Malaysia, tetapi sebenarnya dia adalah kepala dari jaringan rumit penipuan internet yang melintasi dua benua.

Dia menggunakan nama fiktif, Akinwunmi Sorinmade untuk membuka dua rekening bank dan membeli mobil dan rumah mewah selama masa tahanannya. 

Saat dipenjara, ia melakukan aksi penipuannya dengan menggunakan ponsel.

Aroke awalnya ditangkap pada 2012 dan dihukum karena mendapatkan uang cara penipuan.

Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan (EFCC) di negara itu mengatakan, kedua staf penjara itu ditangkap karena memalsukan laporan medis yang memungkinkan Aroke mendapatkan perawatan di luar penjara di rumah sakit polisi.

"Tersangka pertama, [Emmanuel] Oluwaniyi, yang merupakan Kepalda Penjara Maksimal Kirikiri, serta tersangka kedua, [Hemeson Edson] Edwin, yang bertanggung jawab atas fasilitas medis, ditangkap pada Senin, 25 November 2019 , oleh para operator komisi," kata EFCC dalam sebuah pernyataan.(Cal) 

 

 

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0