Unik, Nama Spesies Serangga Baru Ini Terinspirasi dari Lady Gaga

Treehoppers termasuk beberapa serangga paling indah yang paling spektakuler
Unik, Nama Spesies Serangga Baru Ini Terinspirasi dari Lady Gaga
(MF)

Nusantaratv.com- Ada sejuta alasan mengapa kita harus lebih memperhatikan serangga, kata mahasiswa lulusan entomologi University of Illinois, Brendan Morris. 

Itulah sebabnya Morris, memilih untuk memberi nama genus dan spesies baru setelah Lady Gaga. Ia berharap,  langkah ini akan meningkatkan kesadaran akan keluarga serangga yang unik namun relatif tidak dikenal ini.

"Treehoppers termasuk beberapa serangga paling indah yang paling spektakuler dan paling aneh di planet ini," kata Morris kepada Mental Floss.

 "Dan mereka hidup hampir di mana-mana seperti manusia, menjadikan mereka kandidat yang sempurna untuk tingkat penghargaan kepik atau kupu-kupu." Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Zootaxa .

Spesies serangga yang baru ditemukan, sekarang dikenal sebagai Kaikaia gaga , adalah salah satu anggota kelompok serangga yang sangat beragam yang ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

 Treehoppers telah lama memesona ahli biologi yang tertarik dengan "helm" mereka yang tidak biasa.

“Saya terkejut bahwa sebuah kelompok yang berusia sekitar 40 juta tahun memiliki begitu banyak keanekaragaman bentuk — keragaman, saya berpendapat, bahwa kita tidak melihat pada keluarga serangga lain mana pun,” kata Morris kepada University of Illinois News Bureau . 

"Jika akan ada serangga Lady Gaga, itu akan menjadi wereng, karena mereka punya tanduk gila ini, mereka memiliki selera mode yang aneh tentang mereka."

K. gaga membagikan thorax bertanduk khas yang terlihat di banyak wereng pohon lainnya, tetapi bulu-bulu kakinya yang tidak biasa menjadikannya spesies yang terpisah.

"Juga, frontoclypeus, yang bentuknya seperti wajah, bentuknya sangat berbeda," kata Morris kepada University of Illinois. "Dan alat kelaminnya lebih mirip wereng dari Karibia atau kelompok Dunia Lama ini, Beaufortianini ."

Lady Gaga belum menanggapi kabar tersebut. Morris berharap dia akan menganggapnya sebagai pujian, menemukan kekaguman untuk "wajah sengit, keunguan" K. gaga dan memukul "tanduk bahu '."

Morris berencana untuk mencari wereng pohon K. gaga yang masih hidup dalam perjalanan mendatang ke Nikaragua, tempat spesimen berusia 30 tahun yang mereka pelajari awalnya ditemukan. 

"Treehoppers itu aneh, dan saya pikir itu membuat mereka sangat cocok untuk menjadi 'juru bicara' untuk berbagai habitat yang mereka gunakan," kata Morris.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0