9 Hal yang Dilarang saat Imlek, Apa Saja?

Namun, di balik kemeriahan Imlek, ada beberapa hal yang bagi orang Tionghoa, pantang untuk dilakukan.
9 Hal yang Dilarang saat Imlek, Apa Saja?
(The National)

Nusantaratv.com- Beberapa hari lagi Tahun Baru Imlek akan dirayakan dengan penuh suka cita oleh masyarakat Tionghoa (Chinese) di seluruh penjuru dunia.

Setiap tahun, Imlek menjadi momen yang paling dinanti bagi warga Tionghoa lantaran di momen imleklah biasanya mereka berkumpul bersama keluarga besar.

Namun, di balik kemeriahan Imlek, ada beberapa hal yang bagi orang Tionghoa, pantang untuk dilakukan.

 

1. Jangan mengucapkan kata-kata negatif

Semua kata dengan konotasi negatif dilarang! Ini termasuk: kematian, sakit, kosong, sakit, hantu, miskin, hancur, terbunuh dan banyak lagi.

2. Jangan merusak keramik atau gelas

Memecah hal-hal akan memutuskan koneksi Anda ke kemakmuran dan kekayaan. Jika piring atau mangkuk dijatuhkan, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan frasa yang menguntungkan. 

Beberapa orang akan mengatakan 岁岁 平安 (suì suì píng ān) . Ini meminta perdamaian dan keamanan setiap tahun. 岁 (suì) juga merupakan homofon dari 碎 , yang berarti “rusak” atau “hancur.” Setelah Tahun Baru, buang pecahan yang terbungkus ke dalam danau atau sungai.

3. Jangan membersihkan atau menyapu

Sebelum Festival Musim Semi, ada hari pembersihan. Hal Itu untuk menyapu nasib buruk. Tetapi selama perayaan yang sebenarnya, itu menjadi dilarang. Membersihkan atau membuang sampah dianggap akan menghilangkan keberuntungan.

Jika Anda harus menyapu, pastikan untuk memulai di tepi luar ruangan dan menyapu ke dalam kantong sampah dan buanglah setelah hari ke 5. Demikian pula, Anda tidak harus mandi pada Hari Tahun Baru Imlek.

4. Jangan gunakan gunting, pisau, atau benda tajam lainnya

Ada 2 alasan di balik aturan ini. Gunting dan jarum tidak boleh digunakan. Di masa lalu, ini adalah untuk memberikan istirahat yang layak bagi wanita.

Benda tajam secara umum akan memotong aliran kekayaan dan kesuksesan Anda. Inilah sebabnya mengapa 99% salon rambut tutup selama liburan. Memotong rambut adalah hal yang tabu dan dilarang sampai semua perayaan berakhir.

5. Jangan menuntut pembayaran utang

Jika Anda mengetuk pintu seseorang, menuntut pembayaran, Anda akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak. Meminjam uang juga tabu. Anda bisa akhirnya harus meminjam sepanjang tahun.q

6. Hindari berkelahi dan menangis

Kecuali ada keadaan khusus, cobalah untuk tidak menangis. Tetapi jika seorang anak menangis, jangan menegur mereka. 

Semua masalah harus diselesaikan secara damai. Di masa lalu, tetangga akan datang untuk bermain perdamaian untuk setiap argumen yang terjadi. Ini semua untuk memastikan jalan yang mulus di tahun baru.

7. Hindari minum obat

Cobalah untuk tidak minum obat selama Festival Musim Semi untuk menghindari sakit sepanjang tahun. Tentu saja, jika Anda sakit kronis atau terserang penyakit serius mendadak, kesehatan langsung harus tetap diutamakan.

Beberapa pantangan terkait:

Jangan mengunjungi dokter

Jangan melakukan / menjalani operasi

Jangan tertembak

8. Jangan memberikan berkah Tahun Baru kepada seseorang yang masih di tempat tidur

Anda seharusnya memberi berkah Tahun Baru (拜年 —bài nián) . Tetapi biarkan penerima bangun dari tempat tidur terlebih dahulu. Kalau tidak, mereka akan ditiduri sepanjang tahun. Anda juga tidak harus memberitahu seseorang untuk bangun. Anda tidak ingin mereka terburu-buru dan diperintah untuk tahun ini. Manfaatkan ini dan tidur!

9. Hadiah

Disebutkan di atas bahwa Anda harus membawa hadiah ketika berkunjung. Itu adalah pemikiran yang diperhitungkan, tetapi beberapa hadiah dilarang.

Jam adalah hadiah terburuk. Jam hadiah (送 钟 —sòng zhōng) adalah sebuah homofon untuk memberikan penghormatan terakhir (送终). 

Untuk Festival Musim Semi, aturan ini mungkin tampak berlebihan. Terutama ketika Anda menambahkan norma budaya, adat istiadat dan tata krama. Tapi seperti yang dikatakan orang tua, itu semua untuk kebaikanmu sendiri. Dibentuk selama ribuan tahun, tabu ini mewujudkan kepercayaan, harapan, dan kekhawatiran orang-orang Tiongkok. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0