China Segera Cabut Lockdown Kota Wuhan

China akan cabut lockdown kota Wuhan dengan syarat, jika dalam 14 hari ke depan, tidak ada kasus infeksi baru virus corona (covid-19) di Wuhan.
China Segera Cabut Lockdown Kota Wuhan
Pemerintah China akan segera cabut lockdown yang diberlakukan di kota Wuhan./harianhaluan.com

Nusantaratv.com - Pemerintah China segera akan mencabut kebijakan lockdown terhadap Kota Wuhan. Pencabutan ini akan dilakukan dengan syarat, jika dalam 14 hari ke depan, tidak ada kasus infeksi baru virus corona (covid-19) di Kota Wuhan.

Untuk itu, kini Pemerintah China dengan intensif memantau perkembangan yang terjadi di kota Wuhan terkait virus corona.

Seperti diberitakan sebelumnya, akhir-akhir ini, jumlah kasus infeksi corona di China semakin menurun. Terakhir dilaporkan tidak ada lagi kasus pasien baru terpapar virus corona.

Kota Wuhan di Provinsi Hubei menjadi awal pusat penyebaran virus corona yang terdeteksi sekitar akhir 2019.

“Jika tidak ada kasus baru virus corona selama 14 hari ke depan di Wuhan dari data terakhir, maka kami meyakini sudah saatnya kebijakan penutupan wilayah dicabut,” ujar anggota Akademi Teknik China sekaligus penasihat lembaga kesehatan setempat, Li Lanjuan, seperti dikutip surat kabar China Daily, dan dilansir CNN.

Baca Juga: Takut Diamuk Isteri, Pria Ini Tidak Bahagia Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Berbeda dengan China yang sukses meredam virus corona. Merebaknya kasus baru terhadap warga yang terinfeksi virus corona malah banyak terjadi di luar kota China. Kini kasus-kasus baru yang terjadi di China terdeteksi berasal dari para pendatang. Bahkan di kota Wuhan, asal merebaknya virus ini, kini hanya satuan ditemukan kasus baru terinfeksi virus corona. Padahal sebelumnya hampir tiap hari ratusan orang terinfeksi virus corona di kota ini.

Kini kota-kota di China terasa hidup kembali. Pemerintah telah membuka beberapa akses di kota-kota selain Wuhan. Sekolah-sekolah pun sudah mulai dibuka, begitu juga dengan transportasi umum.

Penduduk yang ingin kembali ke rumah di kota Hubei diperbolehkan asal dinyatakan lolos pemeriksaan medis.

Tim-tim bantuan medis yang dikirim ke kota Wuhan dan Hubei pun sebagian sudah dipulangkan dan sebagian lainnya masih tetap berjaga-jaga.

Sumber: harianhaluan.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0