Asteroid Bakal Tabrak Bumi Sabtu Besok, Berpotensi Bencana Tsunami?

Asteroid Masih Melintas Pada Jarak Aman Meski Terhitung Sangat Dekat Dengan Bumi.
Asteroid Bakal Tabrak Bumi Sabtu Besok, Berpotensi Bencana Tsunami?
Asteroid berjarak sangat dekat dengan bumi saat melintas pada Sabtu (15/2/2020). (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bumi kerap menjadi sasaran target asteroid dan komet. Tapi sebelum mereka bisa mencapai Bumi, sebagian besar dari mereka terbakar di ketinggian puluhan kilometer.

Namun terkadang, beberapa dari mereka yang ukurannya lebih besar bisa lewat. Dan, dilaporkan NASA telah memastikan bongkahan raksasa asteroid tengah melaju kencang mendekati planet bumi saat ini.

Kabar bakal terjadi tabrakan dasyat sempat ramai berhembus di Amerika Serikat (AS). Asteroid berjarak sangat dekat dengan bumi saat melintas pada Sabtu (15/2/2020).

Baca Juga: Ilmuwan Inggris Sebut Bulan Jupiter Adalah Rumah Bagi Alien, Benarkah?

Akan tetapi, berdasarkan perhitungan dari para ahli di NASA, asteroid tersebut masih melintas pada jarak aman meski terhitung sangat dekat dengan bumi. Nah! Yang masih menyisakan rasa was-was di tengah masyarakat yakni jika asteroid yang melaju dengan kecepatan 34.000 mile per jam tersebut keluar dari jalur orbitnya.

Dengan energi yang ditimbulkan, melintasnya asteroid dengan jalur mendekati bumi tetap memiliki potensi memicu bencana. Termasuk potensi bencana tsunami. Bahkan meski keduanya tak melakukan kontak langsung sekalipun. Tapi, menurut ahli di CNEOS NASA sangat kecil kemungkinannya itu terjadi dengan jarak mencapai 3,6 juta mile.

Sejauh ini, para ilmuwan tengah berusaha mencari tahu apa yang harus dilakukan jika asteroid tiba-tiba muncul di cakrawala. Penelitian terbaru mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika kita menghancurkan asteroid selebar satu kilometer menjadi asteroid selebar 25 kilometer lainnya.

Mereka menemukan bahwa jutaan retakan terbentuk dan berdesir di seluruh asteroid, bagian asteroid yang lebih besar mengalir seperti pasir, dan kawah diciptakan setelah tumbukan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
6
funny
5
angry
1
sad
19
wow
1