Asteroid Akan Dekati Bumi dan Berpotensi Ciptakan Ledakan, NASA : Jangan Panik

Namun, NASA menjelaskan bahwa asteroid terlalu kecil untuk selamat dari kontak dengan atmosfer Bumi.
Asteroid Akan Dekati Bumi dan Berpotensi Ciptakan Ledakan, NASA : Jangan Panik
(Zmscience)

Nusantaratv.com- Sebuah asteroid yang saat ini dilacak oleh Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA (CENOS), yang dikenal sebagai EF 2020 , akan melewati bumi dengan cukup sehingga berpotensi 'menyebabkan ledakan udara'. 

Namun, NASA menjelaskan bahwa  asteroid terlalu kecil untuk selamat dari kontak dengan atmosfer Bumi.

2020 EF telah diklasifikasikan sebagai asteroid Aten, sekelompok asteroid yang orbitnya mendekati, dan bahkan berpotongan, dengan Bumi.

 Yang satu ini mengikuti orbit yang sangat luas mengelilingi matahari, memberikannya hampir keseluruhan lintasan gerak yang sama dengan Bumi, menurut zmscience. 

Diagram juga menunjukkan beberapa pendekatan dekat antara 2020 EF dan planet ini.

Setelah pendekatan EF 2020, Earth kemudian akan dikunjungi oleh asteroid 2020 DP4, yang bergerak dengan kecepatan lebih cepat dan jauh lebih besar dari EF 2020.

Menjadi sangat kecil, 2020 EF kemungkinan besar tidak akan menyebabkan dampak peristiwa dan jauh lebih mungkin untuk pecah jika memasuki atmosfer Bumi, NASA menjelaskan. 

Namun, itu dapat menyebabkan ledakan udara - ledakan di langit. Idealnya, Anda tidak harus melihatnya ketika itu terjadi.

Airburst yang direkam terakhir terjadi di atas kota Chelyabinsk, Rusia, yang menghasilkan kilatan 30 kali lebih terang dari Matahari dan menyebabkan 180 kasus sakit mata dan 70 kasus kebutaan kilat sementara.

Asteroid itu diperkirakan akan mendekati Bumi pada 18 Maret pukul 11:15 malam EDT., Sekitar 3,9 juta mil dari pusat planet.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
1