Apa Itu Pandemi?

Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), menyatakan wabah virus corona atau covid-19 adalah pandemi global.
Pejabat kesehatan China pada 17 Februari kemarin mendesak pasien yang telah pulih dari coronavirus untuk menyumbangkan darah sehingga plasma dapat diekstraksi untuk mengobati orang lain yang sakit kritis. /STR/AFP

Nusantaratv.com - Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), menyatakan wabah virus corona atau covid-19 adalah pandemi global. Virus ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia.

Menurut KBBI, istilah pandemi dimaknai sebagai wabah yang berjangkit secara serempak dimana-mana meliputi geografi yang luas. Dalam pengertian yang paling klasik, ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah dunia.

Jadi Pandemi adalah wabah penyakit yang bersifat global. WHO sendiri menyebut suatu penyakit dapat dikatakan sebagai Pandemi ketika penyakit tersebut menyebar di seluruh dunia melampaui batas.

Ada banyak contoh Pandemi yang pernah terjadi dalam sejarah, yang terbaru ada pandemi COVID-19. Wabah virus covid-19 yang mirip flu ini baru dinyatakan oleh WHO sebagai Pandemi pada 12 Maret 2020 setelah penyebarannya meliputi beberapa negara.

Baca Juga: Besok Alkes Penanganan Corona dari China Tiba di Halim

Wabah penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. Maka, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, akan tetap digolongkan sebagai pandemi.

Pandemi umumnya diklasifikasikan sebagai epidemi terlebih dahulu yang penyebaran penyakitnya cepat dari suatu wilayah ke wilayah tertentu. Sebagai contoh wabah virus Zika yang dimulai di Brasil pada 2014 dan menyebar ke Karibia dan Amerika Latin merupakan epidemi, seperti juga wabah Ebola di Afrika Barat pada 2014-2016.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0