Tambahkan Sendok ke Dalam Panci, Membuat Daging Lebih Empuk

Beberapa waktu lalu seorang tetangga memberitahukan kepada saya cara mendapatkan rebusan daging yang empuk.
Tambahkan Sendok ke Dalam Panci, Membuat Daging Lebih Empuk
Tambahkan sendok dalam rebusan daging agar cepat lunak.lifestyle.okezone.com

Nusantaratv.com - Beberapa waktu lalu seorang tetangga memberitahukan kepada saya cara mendapatkan rebusan daging yang empuk. Dikatakan bahwa caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan sendok stainles  atau sendok besi ke dalam air rebusan daging. Anjuran ini diberikan agar daging lebih cepat lunak. Ingat ya sendok besi bukan sendok plastik.

Kok bisa ya sendok mengempukkan daging?

Saat sendok stainless ikut direbus bersama air rebusan daging, sendok ini berperan sebagai penghantar panas. Jadi sistem pemanasan tidak cuma datang dari kompor saja. Tetapi dari sendok juga yang menghantarkan panas dari dalam hingga sistem pemasakan berlangsung dengan dua arah.

Mari kita kembali pada tehnik memasukkan sendok kedalam panci. Apa hubungan dengan titik didih? Di sini, maksudnya bukanlah untuk menambah titik didih air, tetapi memaksimalkan panas yang dibuat didalam air. 

Baca Juga: Sop Daging Sapi Bening

Menempatkan logam, ke air yang mendidih mempunyai dua dampak. Yang pertama, lantaran logam yaitu penghantar panas yang baik, distribusi suhu didalam air jadi tambah baik. Didalam satu panci, bila belum mendidih, jadi tak semuanya suhu air sama. Suhu tertinggi yaitu di dinding panci yang segera berdekatan dengan sumber panas. Karenanya ada sendok, jadi air di dalam panci dapat juga jadi panas, lantaran suhu sendok bakal sama juga dengan suhu dinding panci. Dengan hal tersebut, aliran panas ke daging jadi lebih lancar.

Menurut teori fisika, ada beberapa zat padat didalam air, dapat kurangi “efek bumping” (keluarnya gelembung hawa). Hawa bukanlah konduktor, jadi bila air mendidih serta membuahkan banyak gelembung air, panas yang dibuat tidaklah optimal.

Dengan memasukkan zat padat, gelembung hawa yang dibuat kecil-kecil serta cuma berkonsentrasi di sekitaran zat padat, yang ujung-ujungnya bakal menambah titik didih juga.

 

Sumber: duniasendoklucu.wordpress.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0