Secercah Senyum Ditengah Wabah Virus Corona

wabah virus corona membuat orang mencari penangkal agar tidak terjangkit virus ini. pedagang rempah dan minuman racikan di kota solo mengaku kewalahan
Pedagang wedang racikan di kota Solo mengaku kewalahan melayani pembeli./@2020merdeka.com

Nusantaratv.com - Merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 yang menakutkan warga dunia itu ternyata membawa dampak kebahagiaan bagi beberapa pedagang rempah dan minuman racikan di kota Solo.

Bukan bermaksud tertawa di atas ketakutan orang banyak, tapi wabah virus corona membuat semua orang mencari penangkal agar tidak terjangkit virus asal kota Wuhan, China ini. Kini yang namanya Empon-empon atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak dan serai diburu warga. Pedagang di sejumlah pasar tradisional Solo mengaku kewalahan memenuhi permintaan.

Tak hanya empon-empon atau bahan jamu yang diburu. Ramuan minuman seduh dari bahan-bahan tersebut juga menjadi sasaran pembeli. Salah satunya adalah ‘Wedang Uwuh’. Wedang Uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah.

Baca Juga: Pedagang Ini Raup Untung dari Virus Corona

Untuk meminumnya, satu saset ramuan ‘Wedang Uwuh’ diseduh dengan air mendidih ditambah gula batu. Kemudian disajikan dalam kondisi panas atau hangat dengan rasa manis dan pedas serta warna merah cerah dan aroma harum. Minuman tersebut sudah sejak lama dikonsumsi sebagian masyarakat, karena dipercaya bisa meningkatan stamina atau mengobati berbagai macam penyakit.

“Kalau hari biasa kemarin sehari 50 pack, isinya satu pack 10 saset. Sejak ada virus Corona ini, sehari permintaan bisa 100 sampai 200 pack mas,” ujar Wahyuni, salah satu pedagang empon-empon di Pasar Gede Solo, saat ditemui merdeka.com, Sabtu (7/3).

Permintaan Wedang Uwuh, menurutnya, tak hanya dari Kota Solo, namun juga dari kota lainnya. Seperti Surabaya, Jakarta, serta sejumlah kota diluar pulau Jawa. Tingginya permintaan tersebut membuat dirinya kewalahan.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0