Sarana Medis Habis Diborong, Dokter Menjerit: Terus Kami Pakai Apa?

Setelah masker dan hand sanitizer, kini masyarakat mencari alcohol swab dan juga surgical gloves.
Sarana Medis Habis Diborong, Dokter Menjerit: Terus Kami Pakai Apa?
Takut tertular virus corona, sejumlah warga borong sarana medis./headtopics.

Nusantaratv.com - Mewabahnya virus corona membuat sebagian warga panik. Sejumlah warga memborong masker dan hand sanitizer sehingga kedua barang ini harganya melambung tinggi. Hal ini mereka lakukan karena takut tertular virus corona atau covid-19 yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.

Setelah masker dan hand sanitizer, kini masyarakat mencari alcohol swab dan juga surgical gloves. Hal ini terjadi terpicu beberapa selebgram yang merekomendasikan penggunaan alcohol swab untuk membersihkan barang-barang di sekitar.

Menurut selebgram tersebut membersihkan perkakas dengan alcohol swab dapat mencegah penularan Covid-19. Salah satu selebgram yang mempromosikan penggunaan alcohol swab adalah Ines Ariani dengan nama akun Instagram Aiiness.

“Sekarang mau ngapain harus disterilin pakai alcohol jadi gue ada tisu basah yang bentuknya kaya (alcohol swab) gini jadi tinggal pakai aja terus dilap,” ujar dia dalam Instagram Storynya.

Penggunaan alcohol swab dikecam oleh sejumlah dokter. Dokter I Made Cock Wirawan, salah satu dokter yang mengecam penggunaan alcohol swab, menuliskan dalam sebuah akun bernama Twitter@blogdokter.

“Kalian paham gak sih? Kalau kalian borong masker, alcohol swab, surgical gloves sampai habis di pasaran. Trus kami yang petugas medis ini menggunakan apa untuk menolong saudara kalian yang sakit? Tolonglah pengertiannya,” ujar Made dalam akun Twitternya.

Baca Juga: Merasa Tubuhnya Lebih Kebal Corona, Anak Muda Sering Abaikan Social Distancing

Lebih lanjut dokter I Made Cock Wirawan menuliskan, jika tenaga medis tidak bisa menggunakan APD lantaran persediaan habis diborong masyarakat umum, ia khawatir bakal banyak tenaga medis yang tertular dan sakit, karena para petugas medis ini adalah garda terdepan dalam menangani pasien yang positif terinfeksi virus corona.

“Trus yang nolong kalian pas sakit siapa? Mohon dengan sangat pengertiannya. Giliran ada petugas medis yang meninggal dunia karena tidak memakai APD lalu kalian elu elukan bak pahlawan,” ujar dia.

“Paham gak, mereka itu mati karena APD kalian borong semua trus mereka menolong saudara kalian tanpa APD sehingga nyawa jadi taruhannya.”

Sumber: wartaekonomi.co.id

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0