Rem Motor Berdecit Setelah Kehujanan, Ini Penyebabnya

Bunyi rem yang berdecit dan daya cengkeram rem pun berkurang. Hal ini akibat terendamnya ban motor oleh air yang kotor.
Rem Motor Berdecit Setelah Kehujanan, Ini Penyebabnya
Rem motor berdecit saat terkena air hujan./100kpj.com

Nusantaratv.com –  Musim penghujan kini melanda di beberapa daerah di Indonesia. Akibat curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan terjadinya banjir dimana-mana termasuk di Jabodetabek. 

Nah, dampak terjadinya banjir akan memberikan efek buruk bagi kendaraan kita. Salah satunya adalah bunyi rem yang berdecit dan daya cengkeram rem pun berkurang. Hal ini akibat terendamnya ban motor oleh air yang kotor.

Suara berdecit membuat keamanan dan kenyamanan kita berkendara pun terganggu. Lalu apa saja faktor penyebab munculnya suara berdecit itu?

Di bawah ini beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya suara berdecit pada rem motor.

Baca Juga: Begini Cara Selamatkan Motor Setelah Terendam Banjir

1. Kampas Rem Mulai Tipis

  • Berdecit bisa jadi karena kampas rem yang mulai tipis. Bunyinya disebabkan dari gesekan besi pada kampas rem bergesek ke piringan cakram. Jika didiamkan, rem tidak akan bekerja maksimal, keamanan yang terancam.

2. Kampas Rem Keras

  • Selain karena kondisi kampas yang mulai tipis, bunyi berdecit juga bisa dihasilkan dari kampas rem yang mengeras akibat pengendara terlalu sering menarik tuas rem. 
  • Gesekan tersebut membuat kampas dan membuat decitan ketika mengerem. Jika sudah seperti ini, penggantian kampas rem wajib dilakukan.

3. Kampas Rem Tercampur Kotoran

  • Terkontaminasinya kampas rem dengan kotoran bisa menjadi penyebab keluar bunyi berdecit. Kotoran yang dimaksud adalah debu atau lumpur yang menempel ketika kita melintas.

Cara paling mudah yaitu selalu membersihkan piranti rem. Untuk rem cakram dengan cara menyemprot bagian kampas dan piringan dengan air bersih.

Sumber: 100kpj.com

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0