Perbedaan Mentega dengan Margarin

Memiliki tampilan yang nyaris sama membuat banyak ibu-ibu di rumah sering keliru untuk membedakan mana Mentega dan mana Margarin.
Perbedaan Mentega dengan Margarin
Margarin dan mentega memiliki warna yang berbeda./resepaladebora.blogspot.com

Nusantaratv.com - Memiliki tampilan yang nyaris sama membuat banyak ibu-ibu di rumah sering keliru untuk membedakan mana Mentega dan mana Margarin. Banyak orang beranggapan bawah margarin dan mentega adalah produk yang sama. 

Kalau menilik dari bahan dasar untuk membuat margarin dan mentega, kedua produk ini bukanlah dua produk yang sama. Kegunaan dari kedua produk ini juga berbeda.

Lantas apa saja perbedaan mentega dan margarin? Dan mana yang lebih sehat diantara keduanya? Untuk itu, yuk kita cari informasi lengkap seputar mentega dan margarin berikut ini!

Perbedaan Mentega dan Margarin

Mentega dan margarin memiliki beberapa perbedaan yang tidak banyak diketahui orang. Jadi nggak heran kalau banyak orang yang masih keliru membedakan mana yang margarin dan mana yang mentega. Nah Berikut beberapa perbedaan antara mentega dan margarin!

1. Tekstur dan warna

  • (mentega memiliki warna kuning pucat, margarin memiliki warna kuning lebih mencolok)

Perbedaan mentega dan margarin yang dapat langsung kalian lihat adalah warnanya. Mentega memiliki warna kuning yang lebih pucat sedangkan margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah dan mencolok.

Untuk tekstur, margarin memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan mentega. Hal ini bisa dibuktikan ketika kamu melelehkan mereka. Margarin akan memerlukan waktu lebih lama untuk meleleh dibandingkan mentega.

Baca Juga: Resep Masakan Di Musim Penghujan

2. Bahan dasar

  • (mentega terbuat dari lemak hewani, margarin terbuat dari lemak nabati)

Seperti yang disebutkan diawal, bahan dasar yang diperlukan untuk membuat mentega dan margarin sangatlah jauh berbeda.

Mentega dibuat dari bahan dasar lemak hewani seperti krim atau susu sapi, kambing, atau domba. Susu yang digunakan untuk membuat mentega tersebut telah melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh bakteri dan patogen. Dengan demikian, produk yang dihasilkan pun lebih aman dan tidak cepat basi. Setelah itu, susu akan diaduk sedemikian rupa hingga bagian lemak yang padat terpisah dari yang cair. Mentega biasanya dijual dalam bentuk batangan atau dalam bentuk lebih cair yang dikemas dalam wadah plastik.

Sedangkan margarin dibuat dari minyak sayur (lemak nabati) yang dicampur dengan pengemulsi dan bahan-bahan lain sehingga teksturnya lebih padat dari mentega. Margarin tidak mengandung lemak hewani. Maka, kolesterol dan lemak yang terkandung dalam margarin tak setinggi mentega.

 

3. Aroma yang dihasilkan

  • mentega mengeluarkan aroma harum menyengat sedangkan margarin tidak terlalu kuat)

Perbedaan antara mentega dan margarin selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah aroma yang dihasilkan. Mentega mempunyai aroma yang lebih menyengat daripada margarin. Dan aroma ini sendiri akan mempengaruhi dari aroma yang dihasilkan saat diolah. Saat kamu membuat kue menggunakan mentega, maka kuemu akan mengeluarkan aroma yang harum saat matang, sedangkan jika kamu menggunakan margarin, maka aroma kuemu saat matang tidak akan menyengat seperti menggunakan mentega.

 

4. Kegunaan untuk memasak

  • (mentega cenderung digunakan untuk membuat kue, sedangkan margarin cenderung untuk tumis menumis ataupun memanggang sebagai pengganti minyak goreng)

Banyak orang sering salah dalam menggunakan antara mentega maupun margarin. Meskipun dua-duanya bisa saja digunakan untuk memasak makanan yang sama namun ternyata pemakaian yang benar adalah mentega digunakan untuk membuat aneka macam kue kering, sedangkan margarin lebih cenderung untuk membuat makanan yang ditumis sebagai penggantin minyak goreng.

Mentega cenderung lebih cocok digunakan untuk membuat kue kering karena nantinya aroma yang dihasilkan menjadi harum dan khas. Sedangkan margarin lebih cocok digunakan untuk menumis, memanggang, ataupun memasak makanan-makanan yang gurih seperti nasi goreng dll. Meskipun begitu, margarin juga cukup layak untuk digunakan sebagai bahan membuat kue basah ataupun cake.

Beberapa contoh olahan makanan dari mentega adalah nastar, cookies, castangle dan berbagai macam kue kering lainnnya. Sedangkan contoh olahan makanan dari margarin adalah kue lumpur, sponge cake, bolu, nasi goreng, hingga ayam tumis, bahkan cocok juga digunakan untuk memanggang roti ataupun jagung karena rasa gurih yang dihasilkan oleh margarin.

 

5. Mana yang lebih sehat?

  • Setelah mengetahuin perbedaan antara mentega dan margarin tentu kalian sudah mengetahui mana yang lebih sehat untuk tubuh jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Dilihat dari bahan dasarnya, margarin cenderung lebih aman bagi kesehatan tubuh karena terbuat dari lemak nabati. Sehingga kolesterol dan lemak yang terkandung dalam margarin tak setinggi mentega.

Baca Juga: Resep Lapis Surabaya

Dikutip dari HelloSehat.com, sebesar 80% dari mentega sendiri terdiri dari lemak hewani, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan berisiko menyebabkan berbagai penyakit jantung. Selain itu, lemak trans juga akan mengurangi kadar kolesterol baik (HDL) sehingga kadar kolesterol kamu jadi tidak stabil dan seimbang.

Sedangkan margarin yang terbuat dari minyak nabati justru kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Lemak tak jenuh berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL). Lemak yang terdapat dalam margarin juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk menjaga fungsi otak dan mengurangi faktor risiko untuk berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, asma, dan ginjal.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa beberapa produk margarin mengandung lemak trans yang jahat bagi kadar kolesterol. Selain itu, setiap merek mentega maupun margarin memiliki kandungan dan bahan tambahan yang berbeda-beda sehingga kamu tetap harus memerhatikan baik-baik informasi gizi dan komposisi yang tercantum pada kemasan mentega maupun margarin.

Sumber: blogunik.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0