Pangeran Arab, Ditawari Berinvestasi di Pulau Mori

Putra Mahkota Emirat Arab ini hendak berinvestasi di bidang pariwisata
Pangeran Arab, Ditawari Berinvestasi di Pulau Mori
Pantai Pulau Mori nan Indah./id.wikipedia.org

Nusantaratv.com - Beberapa waktu lalu, Putra Mahkota Emirat Arab menyampaikan keinginannya untuk dicarikan pulau di Indonesia yang berudara dingin dan memiliki pantai yang indah. Putra Mahkota Emirat Arab ini hendak berinvestasi di bidang pariwisata.

Menanggapi permintaan Putra Mahkota Emirat Arab yang bernama Mohamed Bin Zayed tersebut, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan Pulau Mori di Sulawesi Tengah.  

Tanah Mori yang ditawarkan ini masuk wilayah Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Di Tanah Mori ini juga berdiam suku Mori yang merupakan kelompok etnik yang cukup besar di Morowali. Suku Mori merupakan masyarakat atau penduduk Kerajaan Mori yang berkembang di Indonesia, sekitar abad ke-16 Masehi. 

Baca Juga: Awas, Gunung Taal di Filipina Berstatus Waspada Erupsi

Kerajaan Mori diperintah oleh seorang raja yang dikenal dengan sebutan  ‘Mokole Marunduh’. Salah satu Raja Mori yang dikenal dengan semboyan dalam bahasa Mori ‘Metumbah allo komba aku monsuka’.  

Raja ini memimpin perlawanan rakyat Mori terhadap kekuasaan Kolonial Belanda pada tahun 1907. Raja Marunduh gugur dalam pertempuran melawan Ekspedisi Militer Kolonial Belanda. Perang itu dikenal dengan Perang Wulanderi. 

Pada masa lampau, Kerajaan Mori dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: 

 

1. Mori atas

Ilustrasi pemandangan. (Pixabay)

  • Mori atas merupakan daerah pemukiman orang Mori di bagian barat. Sementara, pada bagian utara dan barat laut daerah ini terbentang padang ilalang yang luas, dan pada bagian selatan terbentang deretan pegunungan.  

 

2. Mori bawah

Ilustrasi pemandangan. (Pixabay)

  • Mori bawah dikenal juga dengan Lembo. Wilayah ini merupakan dataran rendah yang luas sehingga disebut Lembo. 

Baca Juga: Terkejut Bukan Main, Tiga Anak di Jerman Malah dapat Ini Saat Mancing

3. Danau Malili

  • Danau Malili merupakan wilayah ketiga Kerajaan Mori. Daerah ini juga dikenal dengan daerah Nuha. Di daerah ini terdapat tiga danau yang sangat indah dan menawan, yakni Danau Matano, Danau Moholona, dan Danau Towuti. Danau-danau tersebut dihiasi gunung-gunung tinggi yang terbentang samapai ke wilayah Nuha. Wilayah Nuha saat ini telah menjadi bagian dari Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sumber: indozone.id

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
1
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0