Pakai Hand Sanitizer Berlebih, Tangan Bisa Terbakar

Penggunaan hand sanitizer berlebihan bisa timbul beragam risiko. Di antaranya pengelupasan kulit, kulit kering hingga risiko terbakar. Kok, bisa?
Penggunaan hand sanitizer disarankan tidak berlebihan./galuh.id

Nusantaratv.com - Kini masyarakat ramai-ramai memburu hand sanitizer sebagai salah satu langkah mencegah terpapar virus corona atau covid-19. Dalam hal pemakaian hand sanitizer, masyarakat diimbau agar tidak berlebih dalam menggunakan cairan pembersih ini.

Penggunaan hand sanitizer berlebihan bisa timbul beragam risiko. Di antaranya pengelupasan kulit, kulit kering hingga risiko terbakar. Kok, bisa?

Sebuah video berdurasi 1 menit 48 detik beredar di media sosial yang menunjukkan peragaan seorang bapak melakukan uji coba hand sanitizer yang berisi cairan alkohol. Bapak itu mengatakan dia mendengar ada seorang ibu yang tangannya terbakar usai memakai hand sanitizer. Lalu bapak itu meneteskan hand sanitizer ke sebuah piring kecil dan memantik korek api yang langsung membakar piring tersebut.

Baca Juga: Mencegah Penyebaran Virus Corona, Dua Pesta Pernikahan Terpaksa Dibubarkan

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dokter Ari Fahrial Syam alkohol memang bahan kimia yang mudah terbakar. Alkohol dengan kandungan 96 persen jika dioleskan di tangan secukupnya dengan sendirinya akan menguap sehingga tidak terbakar.

“Namun secara logika kalau alkohol terpapar pada benda atau saat tangan masih dalam basah, kemudian tidak hati-hati terpercik api, ya, tentu bisa terbakar,” jelas Ari yang juga berprofesi sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam ini saat dihubungi Tempo.co pada Senin, 23 Maret 2020.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0