Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Populasi China yang sangat besar, hingga pola hidup dan pola makannya yang tidak lazim, seperti makan daging mentah menjadi faktor terjangkitnya virus
Mencegah tertular virus corona warga Wuhan kini menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah./voi.id

Nusantaratv.com - Mewabahnya virus Corona yang berasal dari Wuhan, China mengingatkan kita pada kejadian 2003-2004. Dimana saat itu juga terjadi endemi virus SARS yang tak kalah bahayanya virus SARS terdeteksi lewat musang. Saat itu virus SARS disebutkan hampir membunuh 800 orang, menurut data yang dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kejadian ini juga muncul pertama kali dari daratan China.

Sebelum mewabahnya virus SARS, di tahun 1997 terdeteksi virus flu burung yang dikenal dengan H5N1 yang juga muncul pertama kali dari daratan China. Waktu itu virus H5N1 terdeteksi dari angsa di China dan bermutasi ke manusia dari unggas yang terinfeksi.

Lalu, mengapa sejumlah virus berbahaya ini munculnya selalu dari China? Dilansir dari kompas.com (24/1/2020) Konsultan infeksi RS Dr. Soetomo, Dr. dr. Dominicus Husada SpA.K. menjelaskan berbagai virus mematikan bisa muncul di China antara lain karena sejumlah hal.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Maskapai Indonesia Dilarang ke Wuhan

Populasi China yang sangat besar, hingga pola hidup dan pola makannya yang tidak umum seperti diketahui virus yang mewabah berawal dari kebiasaan makan makanan yang tidak lazim.

Lebih lanjut, Dominicus mengatakan di China banyak yang langsung makan daging mentah.

Cara makannya pun lebih brutal daripada Thailand.

“Kalau (dagingnya) matang, risiko jauh lebih rendah,” katanya lagi.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0