Kamu Suka Bicara Sendiri? Normal kah?

Berbicara kepada diri sendiri bukan hanya normal, itu baik untuk kesehatan mental Anda - jika Anda memiliki percakapan yang tepat.
Kamu Suka Bicara Sendiri? Normal kah?
(Hackspirit.com)

Nusantaratv.com- Berbicara kepada diri sendiri bukan hanya normal, itu baik untuk kesehatan mental Anda - jika Anda memiliki percakapan yang tepat.

 Kami berbicara kepada diri sendiri karena berbagai alasan. Ini sering terjadi ketika kita mengalami emosi yang mendalam, seperti kemarahan, kegugupan, fokus ekstrim atau kegembiraan. 

Pada waktu tertentu, keinginan untuk berbicara kepada diri sendiri dapat terjadi. 

“Berbicara kepada diri sendiri sepenuhnya dalam norma. Faktanya, kita terus berbicara kepada diri kita sendiri, ”kata Dr. Jessica Nicolosi , seorang psikolog klinis yang berbasis di New York seperti dilansir nbsnews.com

 "Orang bisa berpendapat bahwa hanya memikirkan segala sesuatunya dengan tenang, tanpa berbicara dengan suara keras, adalah berbicara kepada diri sendiri."

Dia menambahkan bahwa, dengan cara yang sama kita mencari teman tepercaya untuk memunculkan ide, kita berbicara kepada diri kita sendiri karena berbagai alasan. 

Ini sering terjadi ketika kita mengalami emosi yang mendalam, seperti kemarahan , kegugupan, fokus ekstrim atau kegembiraan.

(Catatan penting: Berbicara sendiri menjadi perhatian jika itu adalah manifestasi dari halusinasi. "Berbicara kepada diri sendiri," seperti yang telah kita definisikan di sini, mengacu pada dengan sadar terlibat dalam dialog dengan diri sendiri dibandingkan dengan terlibat dengan sumber eksternal yang dirasakan.)

“Jika kita berbicara dengan suara keras, itu memaksa kita untuk memperlambat pikiran kita dan memprosesnya secara berbeda karena kita melibatkan pusat bahasa otak kita,” jelas Dr. Nicolosi. 

"Dengan berbicara kepada diri kita sendiri, kita menjadi lebih disengaja, dan ini menciptakan proses yang lebih lambat untuk berpikir, merasa dan bertindak, bukannya dibombardir oleh pikiran kita."

Dalam pengertian itu, berbicara sendiri melalui belokan kiri memaksa Anda untuk lebih waspada, dan berbicara kepada diri sendiri ketika merasakan emosi yang ekstrem - seperti kegugupan sebelum rapat - dapat membantu Anda memproses apa yang Anda rasakan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk peristiwa yang akan terjadi. datang.

Julia Harper , seorang ahli terapi okupasi dan pelatih kehidupan, setuju bahwa itu normal bagi kita untuk berbicara dengan diri kita sendiri, tetapi menekankan bahwa penting untuk melakukannya dengan cara yang benar.

 “Self-talk adalah bagian normal dari perkembangan bahasa,” katanya. “[Ini meningkatkan] kemampuan kognitif dan meta-kognitif tingkat tinggi kami dan merupakan bagian mendasar dari penguasaan diri. 

Karena fungsinya, tidak hanya kita semua berbicara sendiri, itu juga akan mendorong kita untuk melakukannya dengan baik. 

“Jika kita berbicara kepada diri kita sendiri secara negatif, penelitian menunjukkan bahwa kita akan lebih cenderung membimbing diri kita sendiri ke hasil negatif,” kata Dr. Harper. “Namun, ketika self-talk bersifat netral - seperti dalam pernyataan seperti 'Apa yang harus saya lakukan?' - atau positif, seperti 'Saya bisa menyelesaikan ini,' maka hasilnya jauh lebih efektif. "

Apa yang kita katakan pada diri kita sendiri, ketika kita mengatakannya, dan bagaimana, memiliki dampak yang luar biasa pada harga diri kita, keyakinan tentang kemanjuran diri, dan keseluruhan rasa harga.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0