Jenis Kanker yang Menyerang Manusia Ternyata Juga Ditemukan pada Fosil Dinosaurus

Jenis kanker yang masih menimpa manusia telah ditemukan pada fosil dinosaurus 
Jenis Kanker yang Menyerang Manusia Ternyata Juga Ditemukan pada Fosil Dinosaurus
(Time.com)

Nusantaratv.com- Jenis kanker yang masih menimpa manusia telah ditemukan pada fosil dinosaurus yang ditemukan di Kanada, menurut para ahli.

Fosil itu, yang ditemukan di Dinosaur Provincial Park di Alberta selatan, adalah hadrosaur kecil yang umum di dunia 66-80 juta tahun yang lalu.

" Ini mengandung Langerhans cell histiocytosis (LCH), digambarkan sebagai "penyakit langka dan kadang menyakitkan yang masih menimpa manusia, terutama anak-anak di bawah usia 10 tahun," menurut sebuah pernyataan dari Universitas Tel Aviv dikutip fox news.

"Mikro-CT menghasilkan pencitraan dengan resolusi sangat tinggi, hingga beberapa mikron," salah satu penulis penelitian ini, Dr. Hila May, mengatakan dalam  pernyataan itu . 

"Kami memindai vertebra dinosaurus dan menciptakan rekonstruksi 3D yang terkomputerisasi dari tumor dan pembuluh darah yang memberinya makan. Ini adalah pertama kalinya penyakit ini diidentifikasi dalam suatu dinosaurus. "

Ukuran dan bentuk rongga dalam fosil itulah yang menarik perhatian para peneliti, tambah May.

"Mereka sangat mirip dengan rongga yang diproduksi oleh tumor yang terkait dengan penyakit langka LCH yang masih ada sampai sekarang pada manusia," jelas May.

 "Sebagian besar tumor terkait LCH, yang bisa sangat menyakitkan, tiba-tiba muncul di tulang anak-anak usia 2-10 tahun. Untungnya, tumor ini menghilang tanpa intervensi dalam banyak kasus."

Penemuan ini mengejutkan, tidak hanya karena penyakit itu bertahan lebih dari 60 juta tahun, tetapi tidak unik bagi manusia.

"Jenis studi ini, yang sekarang dimungkinkan berkat teknologi inovatif, memberikan kontribusi penting dan menarik bagi kedokteran evolusi, bidang penelitian yang relatif baru yang menyelidiki perkembangan dan perilaku penyakit dari waktu ke waktu," tambah profesor Tel Aviv University Israel Hershkovitz. 

"Kami berusaha memahami mengapa penyakit tertentu bertahan evolusi dengan mata untuk menguraikan apa yang menyebabkannya dalam rangka mengembangkan cara-cara baru dan efektif untuk merawatnya."

Studi ini dipublikasikan dalam Scientific Reports .

Para peneliti terus mempelajari lebih lanjut tentang masa dinosaurus, termasuk asteroid yang mengakibatkan kepunahan mereka.

 

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1