Ini Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin dari Atas Kasur

Gerhana Matahari Cincin berlangsung hari ini
Ini Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin dari Atas Kasur
Gerhana Matahari Cincin. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Hari ini, Kamis, 26 Desember 2019 Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terlihat di sejumlah wilayah Indonesia. Atas itu, Observatorium Bosscha menggelar ekspedisi Gerhana Matahari 2019 di Tanjungpinang serta Lembang.

Baca juga: Jangan Kelewat! 26 Desember Ada Gerhana Matahari Cincin di Indonesia 

Pengamatan gerhana matahari cincin di Tanjungpinang dilakukan di Taman Laman Bunda atau Pelataran Gedung Gonggong. Pengamatan terbuka untuk umum.

Bosscha turut menyiapkan beberapa alat pengamatan yang bisa dipakai masyarakat seperti teleskop, proyeksi lubang jarum, dan kacamata matahari dalam jumlah terbatas.

GMC yang bisa diamati di Tanjungpinang, akan mengalami empat fase gerhana. Fase awal gerhana pada pukul 10.29 WIB, awal totalitas pukul 12.24 WIB, akhir totalitas pukul 12.27 WIB, dan akhir gerhana pada 14.20 WIB.

Untuk di Lembang, Bosscha mengadakan pengamatan di Lapangan Sinapeul, Desa Gudangkahuripan, Lembang. Pengamatan ini juga terbuka untuk umum.

Bosscha turut menyediakan sejumlah alat untuk pengamatan secara gratis dan terbatas.

Gerhana matahari yang bisa diamati di Lembang bukan GMC, tapi Gerhana Matahari Parsial (GMP). Matahari akan terlihat tertutup sekitar 69 persen saat puncak gerhana.

Fase gerhana yang terlihat di Lembang ada tiga. Fase awal gerhana pada pukul 10.46 WIB, puncak gerhana pukul 12.38 WIB, dan akhir gerhana pada 14.24 WIB.

Bagi Anda yang tak berada di Lembang atau Tanjungpinang, tetap bisa menyaksikan fenomena alam tersebut secara live streaming di kanal streaming Bosscha di tautan ini

Sebelum mengamati gerhana matahari, diingatkan agar tak melihat langsung tanpa alat pelindung, karena berbahaya bagi mata manusia.

​​​​​​

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
3
angry
0
sad
0
wow
1