Ingin Jadi Paskibraka Nasional? Ini Tahapannya

Siapa sih yang nggak tau tentang Paskibraka? Itu lho, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang tugas utamanya ngibarin duplikat bendera pusaka di upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Ingin Jadi Paskibraka Nasional? Ini Tahapannya
Dirgahayu Republik Indonesia!

Jakarta, Nusantaratv.com - Siapa sih yang nggak tau tentang Paskibraka? Itu lho, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang tugas utamanya ngibarin duplikat bendera pusaka di upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dimana sepasang putra-putri terbaik Indonesia dipilih dari setiap provinsi dengan seleksi super ketat di daerahnya.

Biasanya nih... Abis liat pasukan yang di Istana Negara, langsung deh muda-mudi jadi ikutan kepengen ambil bagian di upacara tersebut. Ya ‘kan? Damn! aja begitu kok! Hihihi...

Namun sebelum lanjut, yuk kita simak dulu tentang pasukan pengibar bendara ini. Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan “CAPASKA” atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan “PASKIBRAKA”, dan setelah 17 Agustus, dinamakan “PURNA PASKIBRAKA”.

Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:

  •     Paskibraka Nasional - bertugas di Istana Merdeka
  •     Paskibraka Propinsi - bertugas di Pusat pemerintahan gubernur propinsi
  •     Paskibraka Kota - bertugas di Pusat pemerintahan wali kota/kabupaten


Image: https://img.okezone.com

Itu tadi Guys sedikit ulasan mengenai Paskibraka. Untuk menjadi seorang Paskibaraka nasional (apalagi yang di Istana Negara) itu nggak gampang lho. Ada rangkaian seleksi dan karantina yang sangat ketat sebelum kalian bisa “tampil” pas upacara kemerdekaan pas tanggal 17 Agustus.

Mulai dari seleksi di sekolah, dimana yang kepilih itu anak-anak yang udah duduk di bangku kelas 2 SMA, yang udah aktif ikut kegiatan Paskibra di sekolah. Setelah terpilih jadi wakil sekolah, ikut lagi seleksi antar sekolah di tingkat Kabupaten, baru deh kalau lolos seleksi, ikut lagi seleksi tahap Provinsi. Dari Provinsi, diseleksi lagi, dari satu kabupaten bisa dipilih empat orang buat ikut seleksi nasional.

Jika kamu para remaja Indonesia dan kini duduk di bangku kelas 1 SMA berkeinginan menjadi anggota Paskibraka, ini beberapa tahapan dan seleksi serta pantangan-pantangan yang harus kamu ikuti. Semoga kamu terpilih ya untuk jadi anggota Paskibraka di tahun depan.

Tahapan Seleksi

1. Bakal ada seleksi pengetahuan umum dan tentunya kemampuan baris-berbaris. Biasanya nih, orang yang bisa lolos seleksi adalah yang gerakan baris-berbarisnya patah-patah.


Image: http://assets.kompas.com

2. Seleksi kesehatan. Tahap ini tentu penting! Ya sama sih kayak tes kesehatan biasa. Usahain pas ngukur tekanan darah, kalian serileks mungkin ya. Nggak mau dong tensinya naik gara-gara grogi? Hehehe...

3. Selain seorang Paskibraka dituntut punya kesehatan fisik yang sempurna, postur tubuh juga diseleksi (dan harus sempurna juga lho). Postur tubuh bisa diketahui dari surat hasil pemeriksaan kesehatan, yang mana disertai hasil computed tomography atau CT Scan. Kalau keliatan dikiiiit aja ada yang nggak memenuhi kriteria, kamu bisa aja nggak lolos seleksi. Misalnya, kaki yang berbentuk O atau X.


Image: http://korem082.mil.id

4. Lagi-lagi nggak cuma kesehatan fisik aja nih yang diseleksi, tapi juga tes kebohongan! Caranya dengan seleksi wawancara, dimana di tahap ini peserta harus bisa menjawab dengan cepat dan berani menatap kuisioner. Pokoknya di tahap ini harus jawab sejujur-jujurnya, karena kalo bohong mereka yang ngetes bisa tau dari lensa mata.


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

5. Kalau di poin pertama tadi ada seleksi baris-berbaris, sekarang seleksi fisik! Pastikan kamu latihan fisik dulu ya, kayak push-up, lari 12 menit, dan sit-up.

6. Setelah berhasil melewati rangkaian tersebut, akan dilakukan latihan baris-berbaris selama beberapa waktu (yang tujuannya melatih kedisiplinan juga). Tahap berikutnya mengikuti psikotes, buat mengetahui apakah kuat menghadapi tekanan selama latihan dan karantina.

Pantangan

Setelah melewati tahapan seleksi buat jadi Calon Paskibraka, lalu akan dilatih dan dikarantina. Selama dalam karantina ada pantangan dan larangan yang harus ditaati seperti,

1. Nggak boleh memakai alat komunikasi handphone.

Nah, kira-kira bisa nggak nih? Ya harus bisa dong! Soalnya penggunaan HP ini takutnya bisa mengganggu konsentrasi para peserta, makanya disimpan sama pelatih. Bukannya nggak boleh pakai sama sekali kok. Ada waktu-waktu tertentu dimana HP dikembalikan sementara biar mereka bisa ngabarin orang tua (atau pacar :P) selama mereka dikarantina.

2. Asupan gizi

Pihak pelatih super hati-hati dalam memberi asupan makanan buat para peserta Paskibraka. Mereka nggak dianjurin buat makan makanan yang terlalu pedas, dingin, dan manis. Alasannya ya buat menjaga kondisi kesehatan mereka. Para peserta juga dikasih suplemen buat meningkatkan daya tahan tubuh.


Nah, kira-kira begitu deh Guys tahapan-tahapan dan pantangan yang harus kalian lalui sebelum akhirnya bisa mengibarkan bendera pusaka pas upacara kemerdekaan. Hmm... Bacanya sih nggak terlalu sulit ya, pas ngejalaninnya itu lho! Hehehe... Tapi tetep harus semangat dong, kayak temen-temen kita, Pasukan Merah Putih yang udah ready banget nih buat 17 Agustus mendatang! Semangat dan good luck ya Guys!(damniloveindonesia.com)

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
7
love
1
funny
0
angry
1
sad
1
wow
4