Ilmuwan Temukan Hewan yang Tak Menghirup Oksigen, Apa Itu?

Henneguya salminicola adalah parasit yang hidup di dalam jaringan otot salmon
Ilmuwan Temukan Hewan yang Tak Menghirup Oksigen, Apa Itu?
(Metro)

Nusantaratv.com- Para ilmuwan di Tel Aviv telah menemukan parasit yang disebut Henneguya salminicola yang tampaknya menjadi hewan multiseluler pertama yang pernah ditemukan yang tidak memerlukan oksigen untuk bernapas.

 Ini adalah hewan kecil, hanya terdiri dari sekitar 10 sel. Itu terlihat sedikit seperti berudu dan terkait erat dengan ubur-ubur. Tim peneliti menemukannya di dalam jaringan otot salmon. 

Penemuan bahwa itu tidak membutuhkan oksigen adalah sedikit kecelakaan. Para peneliti sedang mempelajari genom spesies dan menemukan bahwa ia tidak memiliki mitokondria - gen yang mengubah oksigen menjadi energi. 

"Pernafasan aerobik dianggap ada di mana-mana pada hewan, tetapi sekarang kami mengkonfirmasi bahwa ini tidak terjadi," kata Dorothee Huchon, ahli zoologi di Universitas Tel Aviv dalam siaran pers yang mengumumkan penemuan itu dikutip Metro. 

  "Penemuan kami menunjukkan bahwa evolusi dapat berjalan ke arah yang aneh," kata Huchon.

 'Pernafasan aerobik adalah sumber energi utama, namun kami menemukan seekor binatang yang melepaskan jalur kritis ini.'

 Belum jelas bagaimana H. salminicola menghasilkan energi untuk dirinya sendiri, tetapi Prof Huchon mengatakan penemuan ini memiliki signifikansi yang sangat besar di bidang penelitian evolusi. 

"Secara umum diperkirakan bahwa selama evolusi, organisme menjadi semakin kompleks, dan organisme bersel tunggal atau beberapa sel sederhana adalah nenek moyang organisme kompleks," ia menyimpulkan. 

'Tetapi di sini, tepat sebelum kita, adalah seekor binatang yang proses evolusionernya bertolak belakang. Hidup di lingkungan yang bebas oksigen, telah melepaskan gen yang tidak perlu yang bertanggung jawab untuk respirasi aerobik dan menjadi organisme yang bahkan lebih sederhana. ' 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0