12 Negara yang Telah Terapkan Lockdown, No. 3 Tak Ada Kasus Corona

Meski beberapa negara telah melakukan kebijakan lockdown. Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum mengambil kebijakan tersebut.
Beberapa negara telah terapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona./harapanrakyat.com

Nusantaratv.com - Meski beberapa negara telah melakukan kebijakan lockdown. Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum mengambil kebijakan tersebut. Pasalnya mengunci akses keluar masuk negara diperlukan kalkulasi yang tepat agar tidak menimbulkan masalah baru.

Indonesia belum memberlakukan kebijakan lockdown pun menunai pro dan kontra dari sejumlah pengamat. Menurut pengamat yang pro, seharusnya pemerintah tidak anti lockdown. Alasannya, meskipun lockdown memiliki konsekuensi, tapi kebijakan ini efektif ketika upaya pencegahan gagal dilakukan.

Adapun pengamat yang kontra menganggap lockdown belum perlu diberlakukan di Indonesia. Hal itu dikarenakan karantina wilayah tanpa perhitungan matang justru malah berpotensi menimbulkan konflik sosial seperti panic buying dan gejolak ekonomi. 

Sementara, beberapa negara telah lebih dulu menerapkan kebijakan lockdown. Hal itu sebagai antisipasi terakhir dari penyebaran corona yang makin sulit dikontrol. Dikutip dari Pikiran Rakyat, berikut 12 negara yang memberlakukan kebijakan lockdown;

Baca Juga: Lagi, Finlandia Digelari Negara Paling Bahagia di Dunia oleh PBB

1. China (awal Januari 2020). Lockdown diberlakukan di 20 provinsi. Tercatat kasus corona terkonfirmasi mencapai 81.048. Kasus kematian akibat corona mencapai 3.213 orang dan yang dinyatakan sembuh sebanyak 67.749 orang. 

2. Italia (9 Maret 2020). Lockdown diterapkan di seantero negeri pizza tersebut. Kasus corona terkonfirmasi sebanyak 24.747 dengan angka kematian mencapai 1.809 orang. Sedangkan yang sembuh sebanyak 1.258 orang. 

3. El Salvador (11 Maret 2020). Meski tidak ditemukan kasus terkonfirmasi, negara ini memberlakukan karantina nasional dan melarang orang asing berkunjung ke negaranya. 

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
2
angry
0
sad
0
wow
1